Begini Cara Mengatasi Kebosanan dalam Trading

Trading termasuk salah satu jenis profesi yang menyenangkan. Apalagi jika memikirkan berapa banyak uang yang dihasilkan dan bagaimana uang itu dapat mengubah hidup Anda.

Pekerjaan trader pastinya tidak lepas dari menganalisis kondisi pasar dan juga sibuk menikmati tawaran perdagangan yang ada.

Namun, seringkali para trader mengaku bosan dengan aktivitas trading karena setiap hari disibukkan dengan trading. Kebosanan ini tentu hal yang sangat wajar, apalagi jika seorang trader yang belum membuahkan hasil selama trading.

Pada saat inilah trader dapat melakukan overtrade hanya untuk memberikan kesenangan semata. Kebosanan dalam trading atau yang biasa dikenal dengan istilah trading boredom sering menghampiri para trader.

Bukan hanya untuk trader pemula saja, tetapi juga pada trader profesional. Ketika trader menghabiskan waktu selama berjam-jam di depan layar komputer untuk mengamati paar tentu menjadi penyebab utamanya.

Kebosanan dan kejenuhan ini juga dapat mempengaruhi pada perilaku aktivitas trading, dan jika ini dipaksakan tentu akan berdampak buruk.

Karena itu, dibawah ini akan kami jelaskan tentang cara mengatasi kebosanan dalam trading yang bisa Anda lakukan dan mengantisipasi dampak terburuknya.

Penyebab Kebosanan dalam Trading

Sebelum berlanjut tentang cara mengatasi kebosanan dalam trading, Anda juga perlu untuk mengetahui penyebab mengapa Anda bisa bosan dalam trading.

Pertama, yang menjadi salah satu penyebab kebosanan dalam trading adalah terlalu lama memandangi chart untuk menunggu sinyal entry.

Seringkali trader akan terus menerus menunggu sinyal masuk tanpa adanya perencanaan dalam jangka panjang.

Dalam hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan menggunakan auto chart, yang secara otomatis dan pastinya tidak membuat trader menunggu lama. Aplikasi ini akan membantu untuk menganalisis dan mengirim hasilnya ke email.

Selain itu, Anda juga dapat memikirkan strategi trend chart dalam jangka panjang sehingga Anda tidak harus berlama-lama menunggu sinyal entry masuk. Meski demikian, Anda juga tetap harus memeriksanya terlebih dulu saat ingin bertrading.

Kedua, tidak adanya motivasi yang tinggi dalam bertrading juga menjadi salah satu penyebabnya. Perlu diingat jika trading juga membutuhkan kerja keras, dan tidak seinstan yang kita pikirkan.

Banyak trader sukses yang mungkin sekarang memamerkan keuntungan dan profit yang besar tentu telah melewati tahap-tahap begitu kerasnya usaha yang telah dilakukan.

Trader yang telah sukses itu pastinya melewati masa ini dan berhasil untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh ketika bertrading.

Jadi, jika memang Anda ingin sukses dalam trading, perkuat motivasi dan semangat Anda untuk melawan rasa bosan dan jenuh.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Profit Trading Tidak Konsisten

Cara Mengatasi Kebosanan dalam Trading

Setelah Anda mengetahui penyebab kebosanan atau kejenuhan saat bertrading, ada beberapa cara mengatasi kebosanan dalam trading yang bisa meningkatkan fokus Anda.

  • Periksa kembali metric trading Anda dengan baik sehingga Anda dapat memahami lebih jauh tentang diri Anda. Mengetahui kekurangan dan kelebihan Anda akan membantu dalam menemukan solusi mengatasi kebosanan dalam trading.
  • Buat laporan harian tentang hasil trading Anda, tuliskan rencana-rencana trading yang akan Anda lakukan dengan detail sehingga Anda mengetahui apa yang harus dilakukan setiap harinya.
  • Perbanyak baca buku, artikel, atau kisah sukses seorang trader yang sukses untuk mendapatkan motivasi yang lebih baik.
  • Baca referensi terkait trading terupdate agar Anda mendapatkan informasi sehingga Anda lebih berpeluang untuk mendapatkan keuntungan. Jika Anda terus profit pastinya akan mengalahkan rasa bosa itu bukan?
  • Bergabung dengan komunitas trading, baik online ataupun offline untuk mengetahui informasi yang bermanfaat bagi Anda.
  • Pikirkan strategi-strategi baru dalam jangka panjang agar Anda tidak harus setiap hari memikirkan cara untuk profit.
  • Istirahatlah jika memang dibutuhkan. Jangan paksakan untuk terus trading jika kondisi Anda tidak memungkinkan, karena hal ini justru akan memperburuk keadaan.
  • Lakukan rencana yang Anda susun sesuai target, dan lawan rasa malas Anda di momen-momen tertentu.
  • Lakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri Anda dan sesuai dengan hobi sehingga rasa bosan Anda sampai menghilang.
  • Perkuat tujuan trading Anda, refleksikan kembali apa yang membuat Anda bertrading, hasil seperti apa yang ingin Anda capai, dengan begitu motivasi Anda lebih kuat daripada kebosanan yang ada.

Seperti yang dijelaskan pada sebelumnya, baik trader pemula ataupun yang sudah profesional tentu akan mengalami kebosanan dalam trading. Satu hal yang perlu diingat, trader sukses adalah trader yang berhasil melawan rasa kebosanan yang ada.

Nah, inilah cara mengatasi kebosanan dalam trading yang dapat Anda lakukan pada diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment