Mengenal Lebih Jauh Tentang Crypto Mining

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah Crypto. Entah Anda mendengarnya dari seorang teman, atau membacanya di artikel online, atau bisa juga Anda adalah pengguna Crypto. Namun, apakah anda sudah pernah tahu istilah crypto mining?

Crypto merupakan kependekan dari kata Cryptocurrency. Yang dimaksud dengan crypto sendiri ialah mata uang digital yang sedang naik daun dalam pasaran. Crypto semakin digemari dan dipelajari oleh banyak orang karena ciri khas dari crypto yang sangat unik.

Ciri khas dari cryptocurrency adalah bahwa mereka tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat. itu membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah. Cryptocurrency juga dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau digandakan.

Tidak seperti mata uang konvensional yang masih digunakan secara nasional oleh berbagai negara. Yang mana masih dikeluarkan oleh otoritas bank dan tidak jarang dipalsukan oleh oknum nakal.

Akan tetapi masih sedikit sulit memahami beberapa konsep lain terkait Crypto, misalnya Crypto mining. Jadi, apa itu crypto mining dan bagaimana cara kerjanya? Berikut akan kami ulas lebih dalam mengenai Crypto mining.

Apa Itu Crypto Mining?

Diatas telah dijelaskan sedikit mengenai Crypto. Sekarang kita akan beralih ke istilah mining. Mining sendiri berasal dari kata dasar ‘mine’ dalam Bahasa inggris, yang berarti tambang. Dengan begini, mining dapat dikatakan sebagai kegiatan menambang atau penambangan. Sedangkan crypto mining berarti menambang atau penambangan crypto.

Crypto mining atau Penambangan crypto adalah istilah yang digunakan untuk proses pengumpulan cryptocurrency sebagai hadiah dari misi yang telah Anda selesaikan. Nilai mata uang crypto yang dapat dibilang fantastis membuat banyak orang berbondong-bondong ingin memiliki asset dalam bentuk mata uang crypto.

Aset crypto semakin digemari karena prinsipnya yang terdesentralisasi, sehingga tak ada campur tangan pemerintah atau bank di dalamnya. Jadi pengguna crypto merasa lebih aman karena transaksi dilakukan tanpa perantara. Salah satu cara memilikinya dapat dilakukan dengan crypto mining.

Crypto mining artinya proses memperoleh mata uang kripto dengan memecahkan persamaan kriptografi melalui penggunaan komputer. Dalam prosesnya, validasi blok data akan terlibat dalam penambahan catatan transaksi ke buku besar yang dikenal sebagai blockchain.

Computer atau node yang digunakan dituntut untuk memiliki spesifikasi yang sangat kuat. Hal tersebut dikarenakan Kompleksitas algoritme proof-of-work Crypto meningkat, yang mengakibatkan perlunya peningkatan daya komputer karena penambangan Crypto menggunakan daya komputasi yang besar.

Mereka menjalankan perangkat lunak (software) yang menghubungkan mereka dengan blockchain crypto serta menyelesaikan permasalahan matematika. Setelah permasalahan telah dipecahkan, penambang crypto akan dibayar dengan menggunakan asset crypto. Dan begitulah crypto baru dapat dibuat.

Cara Kerja Crypto Mining

Sebelum masuk ke cara kerja mining, Anda perlu memahami beberapa hal terlebih dahulu. Diatas telah disebutka beberapa kali mengenai blockchain. Secara harfiah, blockchain berarti rantai blok. Rantai blok merupakan sekumpulan blok yang telah terverifikasi.

Dalam dunia digital, tentu banyak hal terjadi secara bersamaan, salah satunya adalah transaksi crypto yang bebarengan. Traksaksi yang terjadi dalam satu waktu yang sama itu kemudian dikelompokkan pada sebuah blok. Blok inilah yang kemudian perlu diverifikasi oleh para pengguna Crypto. setelah terverifikasi, blok akan bergabung dengan rantai blok lainnya dan menjadi satu dalam blockchain tersebut.

Untuk bisa melakukan crypto mining, anda harus memilliki computer dengan spesifikasi yang memadai beserta software yang digunakan untuk mining. Setelah menjalankan software tersebut, komputer akan mulai melakukan kalkulasi matematika untuk memecahkan permasalahan yang diminta.

Anda harus ingat, bahwa banyak penambang lain yang juga berpartisipasi dalam crypto mining. Namun, yang akan mendapatkan crypto sebagai hadiahnya adalah yang menyelesaikan misi paling cepat.

Baca juga: Apa Itu Trading Budi Suharja? Bagaimana Tips Sukses Trading Ala Budi Suharja?

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menggunakannya?

Sekarang, mari kita bahas perangkat keras dan perangkat lunak seperti apa yang akan Anda butuhkan jika ingin memulai Crypto mining. Pertama, untuk perangkat keras. Ada perangkat keras khusus yang digunakan oleh sebagian besar penambang crypto yang disebut chip ASIC (Application Specific Integrated Circuit).

Tentunya harga yang dipatok untuk chip ASIC juga jauh lebih mahal daripada computer yang biasa Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kalua anda memang ingin serius dalam crypto mining, membelinya mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Selanjutnya, anda juga akan membutuhkan perangkat lunak untuk crypto mining. Silahkan mengunduh terlebih dahulu perangkat lunak yang diperlukan yang akan menghubungkan ke blockchain. Ada beberapa program perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk menambang bitcoin. Nicehash Miner, CG Miner, Bit Miner adalah beberapa contohnya.

Setelah Anda menyiapkan hardware dan software yang digunakan untuk Crypto mining, Anda masih harus menyiapkan dompet Crypto untuk menerima dan menyimpan imbalan penambangan yang berupa asset crypto.

Dompet crypto tersedia dalam versi digital atau web, dan juga versi hardware ya. Sebaiknya anda berhati-hati dan teliti saat memilih dompet crypto.

Hal tersebut agar dompet anda tidak diretas dan anda kehilangan asset. peretasan dompet crypto sering terjadi karena nilai crypto yang terbilang cukup lumayan dan proses mendapatkannya cukup rumit.

Untuk menghindari peretasan dompet crypto, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan dompet crypto versi hardware. Karena dompet tersebut tidak selalu terhubung ke internet sehingga lebih aman.

Sekarang Anda siap untuk mulai crypto mining. Hubungkan perangkat keras penambangan ke stopkontak, selesaikan koneksi ke blockchain projects-nya dengan perangkat lunak pilihan Anda, isi detail mengenai crypto wallet Anda, bergabung di miner pool, dan Anda siap melakukannya.

Berapa Hadiah yang Diberikan?

Hadiah yang diberikan dari hasil crypto mining bergantung pada beberapa hal, misalnya waktu, jenis crypto yang ditambang, dan kurs crypto. Mari ambil contoh mining bitcoin. Pada tahun 2018, jumlah Bitcoin yang diberikan sebagai hadiah/imbalan kepada para penambang per bloknya adalah 12,5 BTC. Itu benar, 12,5 Bitcoin diberikan kepada penambang pertama untuk menyelesaikan permasalahan matematikanya (verifikasi transaksi) dari setiap blok. Namun, jumlah ini berkurang separuh setiap 4 tahun. Jadi, untuk tahun 2022 ini, hadiahnya turun menjadi 6,25 Bitcoin per blok.

Namun, harga Bitcoin juga banyak berubah setiap harinya. Ini adalah sesuatu yang sepenuhnya di luar kendali Anda tetapi dapat mengubah segalanya. Ketika Anda menghitung jumlah bitcoin dengan kurs $12.000 per bitcoin, maka anda bisa menjadi sangat kaya. Akan tetapi,  Jika kursnya jatuh ke $ 6.000, keuntungan Anda bisa menjadi kerugian apabila anda membandingkannya dengan modal yang anda keluarkan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan.

Bagaimana menurut anda tentang crypto mining ini? Menggiurkan bukan? Atau anda berpendapat bahwa mininig lumayan sulit untuk dijalankan? Crypto mining bisa jadi salah satu alternatif penambah penghasilan anda. Selamat mencoba crypto mining. Semoga selalu beruntung ya miners!

Leave a Comment