Pentingnya Manajemen Waktu dalam Trading

Jika Anda memutuskan menjadi seorang trader, bisa dibilang memiliki waktu yang fleksibel dibandingkan dengan jenis profesi lainnya. Namun, seringkali trader lupa dengan pentingnya manajemen waktu dalam trading sehingga kurang maksimal dalam mengelola waktu yang dimiliki.

Tentu berbeda dengan jenis profesi lain yang mungkin Anda harus bangun pagi-pagi untuk pergi ke kantor untuk bekerja setiap hari.

Fleksibelitas waktu dalam profesi trading memang menguntungkan bagi sebagian orang. Selain tidak terikat dengan perusahaan atau aturan, trader bisa bebas memilih sendiri waktu kapan harus trading dan kapan harus libur.

Meski demikian, bukan berarti sangat mudah untuk menajemen waktu dalam trading. Justru sebaliknya, kebanyakan trader sulit untuk mengatur waktu.

Mengelola waktu sendiri dan tidak adanya tuntutan dari aturan yang mengikat merupakan tantangan yang cukup sulit untuk dilakukan.

Padahal, meski trader bebas memilih waktu kapan harus bekerja atau libur, pengelolaan waktu dengan baik termasuk salah satu kunci kesuksesan seorang trader.

Apalagi bagi Anda yang sudah memutuskan untuk menjadi seorang trader penuh waktu, pastinya sangat penting untuk memanajemen waktu dalam trading.

Dalam hal ini, Anda harus dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bertrading. Kelola waktu yang Anda miliki dengan maksimal agar hasilnya juga maksimal.

Jika Anda masih bingung untuk manajemen waktu dalam trading, berikut kami akan memberikan tips yang akan membantu mengelolaa waktu dengan baik.

Manajemen Waktu dalam Trading Menentukan Keberhasilan Trader

Jenis investasi online ini memang dapat diakses semua orang 24 jam. Setiap trader memiliki planing waktu yang terbaik untuk melakukan trading sesuai dengan strateginya.

Tetapi tidak semua orang mempunyai banyak waktu untuk online setiap hari untuk melakukan trading. Jika Anda termasuk salah seorang trader itu, maka Anda membutuhkan manajemen waktu dalam trading yang baik.

Bisa dikatakan jika setiap orang dapat membuat jadwal kerja dengan optimal dan kapan waktu harus bekerja dan berhenti.

Planning ini tentu tidak sepenuhnya dapat dilakukan dengan tepat, ada kalanya trader dalam kondisi yang tidak produktif yang pada akhirnya mempengaruhi pada aktivitas tradingnya.

Manajemen waktu secara efektif akan membantu Anda untuk mencapai hasil yang diinginkan. Mungkin jika Anda sering membaca kisah sukses trader pasti salah satu kuncinya adalah trader itu dapat mengelola waktu dengan baik.

Mengelola waktu dengan baik membutuhkan pengetahuan dan kediplinan sampai akhirnya menjadi kebiasaan. Memiliki rencana jangka panjang dan pada setiap prosesnya dapat dilakukan secara rutin tentu akan meningkatkan peluang keberhasilan trading Anda.

Selain itu, manajemen waktu yang baik akan lebih efektif tanpa harus mengorbankan tanggung jawab atau tugas pribadi yang lain.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa manajemen dalam trading itu sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Kebosanan dalam Trading

Tips Manajeman Waktu yang Efektif bagi Trader

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya manajeman waktu bagi seorang trader, adapun tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk manajemen waktu dalam trading. Antara lain:

1. Sesuaikan Tujuan Trading dengan Tipe Kepribadian Anda

Banyak diantaranya trader mencoba menerapkan strategi tertentu dalam trading yang bertentangan dengan tipe kepribadiannya. Mungkin bagi sebagian orang dapat mengatasinya, tetapi hal ini sangat sulit dilakukan.

Pertentangan ini tnetu akan mengganggu pemikiran mereka sehingga tidak dapat memaksimalkan waktu yang ada.

Apakah Anda tipe orang yang sabar? Apakah Anda gelisah dan tidak bisa diam? Jika Anda cenderung gelisah dan merupakan trader part time, maka Anda mungkin hanya memiliki satu pilihan, yakni mengadaptasi strategi jangka pendek.

Dengan begitu, strategi ini akan mudah untuk Anda terapkan dengan nyaman dalam waktu yang Anda miliki, dan tentu tidak ada kata “memaksa diri”.

Dengan kata lain, ambil strategi jangka pendek, tetapi jangan terlalu memaksakan diri dalam hal jumlah pasangan yang Anda tradingkan. Analisis yang tepat membutuhkan waktu, dan jika Anda berada di seluruh peta dalam hal apa yang dapat Anda serap secara wajar selama satu sesi, Anda mungkin berlebihan.

Jika Anda lebih sabar, tetapi tipe yang sistematis, maka Anda mungkin lebih cocok untuk tujuan jangka panjang. Berhenti dan mengambil keuntungan yang sudah ada untuk meminimalir risiko adalah keputusan yang tepat.

Jadi, pastikan terlebih dulu apakah memang Anda bertrading penuh waktu atau part time, dan sesuaikan dengan tipe kepribadian Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengatur waktu dan tetap meminimalisir resiko.

2. Hindari Gangguan

Telepon berdering, kebisingan media, melihat konten media sosial yang tidak dibutuhkan atau YouTube benar-benar memiliki pengaruh yang berarti pada aktivitas trading Anda.

Seperti halnya pekerjaan lain, hal ini menimbulkan gangguan besar dan merupakan salah satu penggangu untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dan relevan dengan trading Anda.

Luangkan sedikit waktu yang Anda miliki dan hilangkan gangguan yang menimbulkan pikiran Anda sulit berpikir jernih.

Fokuskan saja pada apa yang menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi aktivitas trading Anda. Aturlah kapan Anda bermain sosmed dan kapan waktunya untuk fokus mencari berita terkait pasar trading.

3. Prioritaskan Tugas Anda

Hal ini merupakan bagian paling penting bagi seorang trader yang ingin memanajeman waktu dengan baik. Sebelum Anda memulai trading, pastkan Anda menulis semua tugas atau tanggungjawab yang harus dilakukan beserta jadwal waktunya.

Jika diperlukan, tuliskan tugas terkecil sekalipun yang mungkin itu akan memakan waktu Anda dalam keseharian.

Jangan lupakan juga untuk menuliskan tugas dan pengembangan diri Anda dalam bertrading. Seperti halnya mencari informasi terkait, belajar tentang kondisi pasar, menganalisa waktu kapan terbaik trading, dan sebagainya.

Jika Anda sudah menyusun dan menjadwalkannya, prioritaskan tugas utama Anda yang palling penting untuk dilakukan. Urutkan dari daftar itu dari nomor satu sampai sekian.

Hal ini akan membantu Anda untuk lebih teratur dan menentukan aktivitas terpenting yang harus dilakukan pada setiap waktu.

Dan mungkin jika Anda tidak bisa melakukan seluruh daftar yang sudah terdafta, paling tidak Anda sudah melakukan dari hal yang terpenting.

4. Jangan Memaksakan Diri

Bagi seorang trader penuh waktu memang sudah memiliki tekad untuk mengalokasikan semua waktunya untuk fokus pada trading dengan segala aktivitasnya.

Namun, jika Anda seorang trader part time atau yang juga memiliki pekerjaan tetap, Anda pastinya memiliki jadwal khusus untuk trading.

Meski demikian, waktu yang singkat untuk trading terkadang tidak seperti yang diharapkan, pada akhirnya akan mengalami kerugian.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengalokasikan waktu dalam trading, maka jangan memaksakan diri. Memaksakan diri justru akan memperburuk risiko yang akan dihadapi.

Begitupun dengan trader penuh waktu, jika memang Anda sudah mencapai batasnya, gunakan waktu untuk beristirahat dengan cukup. Karena pikiran yang jernih akan membuat Anda lebih menciptakan peluang profit. 

Nah, inilah pentingnya manajemen waktu dalam trading dan tips-tipsnya. Waktu adalah segalanya, pastikan Anda memanfaatkan waktu dengan baik.

Leave a Comment